Select Page

Travel Umroh Jakarta merupakan program umroh yang berangkat dari Jakarta. Para jamaah yang mendaftar dari agen umroh Jakarta akan berangkat bersama-sama ke Arab Saudi dari Jakarta. Salah satu pelengkap dalam ibadah umroh adalah berbelanja oleh-oleh. Kegiatan belanja oleh-oleh ini biasanya dilakukan di hari terakhir atau saat tidak ada jadwal kegiatan umroh. Di Arab Saudi, ada beberapa tempat belanja oleh-oleh yang populer dikunjungi oleh jamaah asal Indonesia dan sering menjadi tujuan tour dalam perjalanan umroh. Berikut ini adalah beberapa tempat oleh-oleh yang dapat dikunjungi.

Sekitar Masjid Nabawi

Di sekitar Masjid Nabawi terdapat banyak lapak pedagang yang menjual oleh-oleh. Selain itu, banyak juga pusat-pusat belanja. Di gate 20-an ke atas, tempat belanja berupa toko-toko di mall. Sementara itu gate 20 ke bawah adalah lapak-lapak di bawah tenda, seperti pasar malam, dan pasar kaget di Indonesia. Untuk belanja di sini, sebaiknya Anda belanja setelah sholat dzuhur atau isya supaya tidak terburu-buru untuk waktu sholat selanjutnya. Saat berbelanja di sini, jangan asal membuka barang dagangan tetapi lebih baik tanyakan lebih dulu. Jangan hanya terpaku pada satu pedagang karena banyak pedagang lain yang menjual barang sama dan sejenis. Pastikan pedagang mengatakan halal yang menandakan mereka setuju dengan nego harga. Jika membawa banyak barang belanjaan, maka bersiaplah sholat di pelataran masjid.

Pasar Kurma di Madinah

Di Madinah terdapat Pasar Kurma. Memang, harga kurma di sini tergolong lebih daripada harga di tempat lain. Pasalnya kurma tersebut adalah kurma segar yang baru dipetik sedangkan di tempat lain adalah kurma simpanan karena kurma dapat bertahan sampai satu tahun. Selain kurma, di pasar tersebut juga dijual oleh-oleh seperti kacang almond, kacang arab, coklat, Pistchio, dll. Harga makanan tersebut juga lebih mahal daripada di Jafaria.

 

Baca Juga :

 

Untuk belanja di Pasar Kurma, sebaiknya Anda belanja sebelum pukul 10 pagi karena  masih cukup sepi dan penawaran harga diskon masih banyak. Pasar ini menerima transaksi dengan rupiah sehingga jika uang riyal sudah habis dan belum menukarkan rupiah, Anda tetap dapat berbelanja. Sebelum ke pasar, sebaiknya selesaikan urusan kamar mandi dulu di hotel karena toilet di sana kurang bersih dan kadang air kerannya mati.

Jafaria Souq Mekkah

Pada travel umroh Jakarta, jemaah biasanya diberi waktu bebas tanpa jadwal. Jafaria dikenal sebagai tempat belanja murah jika Anda pandai menawar. Bisa dibilang ini adalah Tanah Abang ala Mekah. Jafaria Souq berupa gedung dengan banyak toko oleh-oleh. Di Jafaria Souq, para pedagang di sana menjual aneka pernak-pernik, pakaian, dan mainan. Jika Anda belanja oleh-oleh kismis, coklat, kacang arab, kacang almond, dll berada di sebelah Jafaria Souq. Pengunjung halal mencicipi semua makanan disana meskipun hanya membeli 1 macam makanan. 

Namun untuk mencicip makanan, tunggu pelayan tokonya menawarkan atau ijin dulu, bukan langsung memakannya. Untuk berbelanja di Jafaria Souq, cari informasi harga pasaran barang yang akan dibeli. Jadi Anda dapat menawarkannya saat berbelanja. Jangan takut menawar dengan bahasa Indonesia karena para pedagang di sana banyak yang memahami bahasa Indonesia.

Al Balad di Jeddah

Di sana terdapat beberapa tempat bersejarah bagi umat Muslim seperti masjid terapung dan tempat pelaksanaan hukum pancung. Yang menarik di sini juga terdapat tempat belanja oleh-oleh dan banyak orang Indonesia. Nama toko di sana sebagian besar menggunakan nama Murah misalnya Sulthan Murah, Ali Murah, dll. Para pedagang di sana juga menerima uang rupiah. Harga barang-barang di sana tidak bisa ditawar.

Demikian beberapa tempat belanja oleh-oleh yang dapat Anda kunjungi saat mengikuti travel umroh Jakarta. Namun tetap diingat bahwa tujuan utama Anda ke tanah suci ini adalah untuk beribadah bukan untuk berbelanja. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas untuk berbelanja oleh – oleh, sebaiknya Anda membuat daftar siapa saja yang akan diberi oleh-oleh. Setelah itu tentukan barang-barang yang akan dibeli sebagai oleh-oleh kemudian cari informasi mengenai harga normal produk-produk yang akan dibeli.

 

Haji dan Umroh Travel :